ARTIKEL KESEHATAN

Senin, 29 Oktober 2018

Bagaimana Mencapai Kesehatan Keluarga yang Optimal?

artikel arlt

Kesehatan keluarga dapat diartikan sebagai keadaan sehat fisik, jasmani dan sosial dari setiap individu yang terdapat dalam satu keluarga. Setiap anggota keluarga akan saling mempengaruhi untuk mencapai status kesehatan keluarga yang optimal.

Kesehatan keluarga bukan suatu hal yang dapat dicapai secara tiba-tiba pada waktu tertentu, namun dibutuhkan suatu proses dinamis yang terkait dengan perilaku keseharian seperti kebiasaan mencuci tangan, konsumsi makanan bergizi dan vitamin, istirahat yang cukup, menghindari stres dan rutin berolahraga, serta satu hal yang tak kalah pentingnya yaitu check up kesehatan secara berkala.

Check up kesehatan sangat diperlukan agar kita selalu waspada jika ada tanda-tanda penyakit, karena jika sudah menjadi parah seringkali dapat menyebabkan kecacatan maupun kematian. Dengan check up kesehatan secara berkala, penyakit yang berpotensi membahayakan kesehatan keluarga tersebut akan lebih mudah untuk ditangani dan tidak akan sampai mengancam kehidupan anggota keluarga.

Panel Check Up Kesehatan Keluarga

Prodia peduli pada kesehatan keluarga dan siap membantu setiap anggota keluarga untuk membangun keluarga yang hebat atau family wellness (sehat, bahagia dan sejahtera) dengan menyediakan panel check up kesehatan sesuai dengan usia atau perkembangan serta risiko kesehatannya. Setiap anggota keluarga memiliki usia dan jenis kelamin yang berbeda, sehingga risiko kesehatan dan kebutuhan pemeriksaan laboratoriumnya pun berbeda. Untuk memudahkan pelanggan memilih jenis pemeriksaan yang sesuai bagi setiap anggota keluarga, Prodia menyediakan panel check up kesehatan berikut:

  • Panel Check Up Anak merupakan sekumpulan pemeriksaan laboratorium yang dirancang untuk mendeteksi penyakit dan menentukan risiko penyakit pada anak yang dikelompokkan berdasarkan usia, serta disesuaikan dengan prevalensi penyakit terbesar di masyarakat.
  • Panel Obesitas pada Anak dianjurkan untuk diperiksa pada anak yang terlihat gemuk tanpa memandang usia. Panel ini mampu memberikan gambaran status kesehatan anak saat ini dan menilai risiko kesehatan yang mungkin muncul di masa mendatang akibat kondisi obesitas, seperti penyakit jantung, perlemakan hati, hipertensi, dan gangguan ginjal.
  • Panel Check Up Anak Muda (Young Generation) merupakan pemeriksaan minimal lengkap yang dianjurkan bagi individu berusia 18-30 tahun untuk mengetahui kualitas kesehatan secara umum pada usia muda, baik yang menyangkut fungsi organ maupun kondisi metabolisme tubuh. Dengan panel ini dapat dideteksi ada tidaknya kelainan atau penyakit yang sering dijumpai dan potensial membahayakan seperti kelainan darah, gangguan metabolisme lemak dan gula, gangguan fungsi hati dan ginjal, serta infeksi virus Hepatitis.
  • Panel Check Up Kesehatan merupakan sekumpulan pemeriksaan laboratorium yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kualitas kesehatan secara umum, mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin, dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk tindakan selanjutnya, serta mengetahui risiko terjadinya gangguan kesehatan di kemudian hari. Panel ini dianjurkan untuk diperiksa pada individu berusia > 30 tahun.
  • Wellness Testing merupakan bagian dari preventive medicine strategy (tindakan pencegahan penyakit) yang mencakup sekelompok pemeriksaan laboratorium untuk mengidentifikasi risiko pada tahap dini perkembangan penyakit sebelum gejala klinik dari suatu penyakit terdeteksi dan menyebabkan masalah serius.
  • Panel Geriatri dianjurkan untuk diperiksa pada individu berusia > 55 tahun atau usia lanjut (usila) guna mendeteksi dini adanya penyakit degeneratif (penyakit yang menyertai proses penuaan) serta gangguan atau penyakit yang sering dialami pada usila seperti kelainan atau penyakit darah, gangguan atau infeksi saluran pencernaan, gangguan fungsi hati, ginjal dan tiroid, penyakit kardiovaskular, demensia (pikun), dan osteoporosis.

Membiasakan setiap anggota keluarga untuk memantau kesehatan akan menciptakan kebiasaan membuat keputusan tepat menyangkut kesehatan dan menanamkan kebiasaan hidup sehat, sehingga kesehatan keluarga pun tercapai dengan optimal.

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, manfaatkan keringanan biaya pemeriksaan 20% selama 6-8 November 2018. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi 1500-830.

730 Dilihat