Berat Badan

Opsi Makanan Penurun Berat Badan yang Mempercepat Pembakaran Lemak

25 April 2024

Temukan jenis makanan pembakar lemak yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan secara sehat. Mulai dari ikan, hingga buah-buahan pembakar lemak, serta minuman yang mendukung proses diet.

Ditulis oleh: Daus Achmad
Ditinjau oleh: dr. Tjhin Willy, MKK

Menyusun pilihan makanan yang membantu membakar lemak dapat menjadi strategi dalam upaya menurunkan berat badan secara efektif. Mengonsumsi makanan tersebut dapat membantu mencegah penumpukan lemak berlebihan. 

Oleh karena itu, bagi yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau mengurangi lemak di perut, mari kita simak artikel ini agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Lemak dan Pengaruhnya pada Kesehatan 

Meskipun tubuh membutuhkan lemak karena berbagai manfaatnya, seperti menyimpan energi dan membantu dalam perkembangan sel, tidak semua jenis lemak bermanfaat bagi kesehatan. Lemak jenuh dan lemak trans dapat berdampak buruk pada tubuh. 

Kelebihan lemak dalam tubuh dapat mengakibatkan peningkatan berat badan atau obesitas, yang merupakan faktor risiko berbagai penyakit serius, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. 

Oleh karena itu, penting untuk membakar lemak, terutama bagi yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. 

Baca juga: Ini Dia Cara Makan Lemak yang Aman dan Sehat 

Makanan yang Membantu Membakar Lemak 

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu membakar lemak karena kemampuannya merangsang metabolisme atau memberikan energi tanpa memberikan terlalu banyak kalori. 

Berikut adalah beberapa jenis makanan pembakar lemak karena mampu meningkatkan metabolisme atau memberi energi tanpa memberikan kalori yang berlebihan.

1. Telur 

Telur termasuk dalam daftar makanan pembakar lemak yang dapat dikonsumsi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur, terutama saat sarapan, dapat mengurangi rasa lapar dan membantu proses pembakaran lemak. 

2. Daging sapi 

Daging sapi, tentunya yang lean atau tanpa lemak, juga bisa dimasukkan dalam daftar menu diet kamu. Pasalnya, kandungan proteinnya membuat kenyang lebih lama dan membakar lebih banyak kalori selama pencernaan.  

3. Ikan 

Ikan berlemak atau fatty fish, seperti salmon, mackerel, dan sarden, kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan metabolisme lemak dan mengurangi peradangan dalam tubuh.  

4. Gandum utuh dan oat 

Gandum utuh dan oat juga memiliki peran penting dalam metabolisme lemak. Hal ini karena gandum utuh dan oat kaya serat yang membantu menurunkan berat badan dengan memberi rasa kenyang lebih lama.  

5. Kacang almond 

Karena sifatnya yang mengenyangkan, almond juga termasuk jenis makanan pembakar lemak yang bagus dikonsumsi untuk diet penurunan berat badan. Di samping itu, almond tinggi antioksidan yang mendukung kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah

6. Cabai  

Cabai merupakan jenis makanan pembakar lemak yang dikenal baik untuk menurunkan berat badan. Jurnal Frontiers in Nutrition menyebutkan bahwa cabai mengandung capsaicin yang mempercepat metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. 

Buah-Buahan untuk Kenyang Lebih Lama 

Buah-buahan kaya serat membantu merasa kenyang lebih lama, menekan nafsu makan berlebih, dan menurunkan berat badan.  

Beberapa buah-buahan pembakar lemak yang efektif meliputi  

  • Apel,  
  • Alpukat, 
  • Kiwi,  
  • Melon, dan 
  • Pisang.  

Apel, khususnya, dapat membakar lemak dengan cepat karena mengandung polifenol yang mencegah penumpukan lemak visceral. 

Minuman yang Mendukung Pembakaran Lemak 

Selain makanan, terdapat minuman pembakar lemak yang dapat membantu dalam proses penurunan berat badan. Berikut beberapa minuman yang dapat membantu membakar lemak tersebut.  

1. Kopi 

Kopi sering disebut sebagai minuman untuk diet. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein satu jam sebelum berolahraga dapat membantu pembakaran lemak hampir dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kafein. 

Baca juga: 7 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula dan Saran Konsumsi yang Aman 

2. Yoghurt 

Yoghurt juga merupakan minuman yang baik dalam pembakaran lemak. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam linoleat terkonjugasi dalam yoghurt dapat membantu penurunan berat badan dan pembakaran lemak. 

3. Teh oolong 

Teh oolong, selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, juga mengandung kafein yang membantu meningkatkan metabolisme, sehingga membantu tubuh membakar lemak dengan lebih efisien. 

Penting untuk diingat: Tidak Ada Solusi Ajaib untuk Membakar Lemak 

Tidak ada obat ajaib yang secara instan dapat membakar lemak atau menggantikan kebutuhan akan pola hidup sehat secara menyeluruh. 

Dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan pembakar lemak, berolahraga secara teratur, dan menjaga pola makan yang seimbang, diharapkan bahwa kebiasaan ini dapat membantu mencapai berat badan yang ideal dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. 

Solusi Diet: Health Plan U by Prodia 

Untuk mendukung kesehatan, Kamu bisa bergabung dengan program diet yang tersedia di aplikasi U by Prodia. Terdapat lima program yang dapat dipilih:  

Eat Smart: Membantu menemukan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan gaya hidup. 

Weight Loss: Spesifik dirancang untuk mengatur asupan kalori dan menemukan menu makanan yang sesuai untuk menurunkan berat badan. 

Healthy Weight: Mengoptimalkan pola makan untuk menjaga berat badan yang sehat. 

Healthy Cholesterol: Bertujuan untuk mengontrol kadar kolesterol dengan menemukan pola makan yang tepat dan menciptakan kebiasaan sehat untuk mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi. 

Blood Sugar: Panduan menu makan yang disesuaikan dengan kondisi seseorang dan dibimbing oleh dokter atau ahli gizi untuk menurunkan kadar gula darah. 

Cuma di Sini, Dapat Tips Makan Tiap Hari dari Ahli Gizi

Semua program tersebut akan dipantau oleh para ahli yang berpengalaman, memberikan panduan dan tips tentang pola makan yang benar, termasuk kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan pembakar lemak. 

Sumber
  1. Current Opinion in Endocrinology, Diabetes, and Obesity (2023), A short history of saturated fat: the making and unmaking of a scientific consensus.  
  2. Frontiers in Nutrition (2022), Chili pepper preference development and its impact on dietary intake: A narrative review.  
  3. Nutrients (2020), Conjugated Linoleic Acid and Its Beneficial Effects in Obesity, Cardiovascular Disease, and Cancer. 
  4. American Heart Association, Dietary Fats. 
  5. Harvard T.H. Chan, Obesity Prevention Source. 
  6. Medical News Today (2022), What foods help burn fat? 
  7. MedicineNet (2022), Can You Lose Belly Fat and Weight by Eating Eggs? 
  8. Healthline (2023), What fruits are good for weight loss? 
  9. Healthline (2023), 9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds. 
  10. Healthline (2023), 11 Healthy Foods That Help You Burn Fat. 
  11. Healthline (2023), 18 Effective Tips to Lose Belly Fat (Backed by Science). 
  12. WebMD (2022), Fat-Fighting Foods. 
  13. WebMD (2022), Health Benefits of Capsaicin.