Kamis, 27 April 2017

Sehat Seutuhnya dengan Wellness Testing

Sehat, satu istilah yang sederhana, namun sebenarnya mengandung makna yang kompleks. Seorang filsuf Jerman mengatakan bahwa health is not everything but everything is nothing without health sepertinya patut kita maknai secara mendalam. 'Sehat' tidak hanya berarti 'tidak ada penyakit' namun lebih luas yakni hidup dalam keselarasan/ harmoni antara diri sendiri, orang-orang yang dekat dalam kehidupan kita serta lingkungan (baik fisik maupun sosial). Di samping itu, 'sehat' juga mengandung makan memiliki kesadaran dalam mencegah terjadinya penyakit (preventive strategy).

Sampai saat ini, banyak orang yang baru menyadari bahwa dirinya sakit setelah muncul gejala sehingga biasanya bila tidak ada gejala sakit, kita menyebut diri kita 'sehat'. Padahal banyak penyakit yang pada tahap awal tidak menimbulkan gejala, tahu-tahu penyakit tersebut sudah parah.

Apa itu Wellness Testing?

Berawal dari suatu pemikiran bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, Laboratorium Klinik Prodia sebagai leader dalam bidang pemeriksaan laboratorium memperkenalkan wellness testing sebagai bagian dari tindakan pencegahan (preventive strategy).

Wellness testing adalah sekelompok pemeriksaan yang bermanfaat dalam mengidentifikasi risiko perkembangan penyakit pada tahap dini sebelum muncul gejala. Pada tahap dini, perkembangan penyakit dapat dicegah.

Wellness testing dirancang untuk menghindari mahalnya biaya pengobatan yang mungkin akan dikeluarkan apabila terlanjur sakit serta konsekuensi yang fatal di masa mendatang.

Bedanya Wellness Testing dengan Check Up?

Check Up yang dikenal selama ini adalah sekelompok pemeriksaan laboratorium minimal lengkap yang harus dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kelainan atau penyakit. Penyakit yang dimaksud adalah penyakit yang banyak ditemukan dalam masyarakat, gejalanya tidak jelas, akibat yang ditimbulkan fatal, penyakit menular atau penyakit yang dapat ditunda atau dicegah dengan check up.

Berbeda dengan check up biasa (general medical check up) yang dilakukan pada orang sehat, wellness testing direkomendasikan untuk dilakukan pada orang dengan risiko tinggi atau orang yang diduga sudah mengalami perkembangan penyakit untuk mengetahui risiko komplikasi dini. Saat ini Laboratorium Klinik Prodia menyediakan 3 jenis panel pemeriksaan wellness testing yang direkomendasikan sesuai dengan kecenderungan perkembangan penyakit, yaitu wellness testing penyakit kardiovaskular, wellness testing obesitas-sindrom metabolik-diabetes, serta wellnes testing ginjal-hipertensi.

12438 Dilihat