Award

Buktikan Kinerja Moncer, Prodia Raih Penghargaan Forbes Asia’s Best Under a Billion dari Forbes Asia

22 November 2023

Prodia kembali memperoleh penghargaan dari majalah bisnis dan finansial kenamaan global, Forbes Asia sebagai “Forbes Asia’s Best Under a Billion” untuk tahun 2022.

JAKARTA, 22 November 2023 – Bertempat di Conrad Hotel, Manila, Filipina, pada Selasa 21 November 2023, PT Prodia Widyahusada Tbk (Kode saham: PRDA) kembali memperoleh penghargaan dari majalah bisnis dan finansial kenamaan global, Forbes Asia sebagai “Forbes Asia’s Best Under a Billion” untuk tahun 2022. Forbes Asia’s Best Under a Billion adalah penghargaan tahunan yang khusus diberikan kepada 200 perusahaan/merek dengan kinerja dan pengelolaan keuangan perusahaan yang positif di regional Asia-Pasifik. Kriteria perusahaan terpilih yang masuk kedalam daftar ini adalah perusahaan dengan pendapatan penjualan diatas 10 juta dan di bawah 1 milyar dollar Amerika. Adapun pemilihan 200 perusahaan/ merek yang termasuk kedalam predikat ini diukur dari sejumlah metrik seperti pendapatan dan pertumbuhan fiskal selama tiga tahun terakhir, serta rerata pengembalian ekuitas dalam jangka 1 dan 5 tahun yang terkuat. Penghargaan ini merupakan kali kedua bagi Prodia yang masuk ke dalam daftar “Best Under a Billion”.

Piagam penghargaan Prodia sebagai Forbes Asia’s Best Under a Billion tahun 2022.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Vice Chairman Forbes Asia, Mr Christopher Forbes kepada Andi Wijaya selaku Komisaris Utama sekaligus founder Prodia dan Dewi Muliaty selaku Direktur Utama Prodia. Setidaknya, terdapat sembilan perusahaan dari Indonesia yang masuk ke dalam daftar 200 perusahaan dengan kinerja terbaik di tahun 2022, dengan nilai pasar yang diperoleh sebesar 406 juta dollar Amerika. Prodia sendiri menjadi satu-satunya perusahaan laboratorium kesehatan Indonesia yang masuk ke dalam daftar Forbes Asia’s Best Under a Billion 2022 tersebut.

Daftar Best Under A Billion Forbes Asia tahun ini mengungkapkan bahwa pelonggaran pembatasan Covid-19 di beberapa bagian wilayah Asia-Pasifik telah menyebabkan pergeseran dalam perilaku konsumen, ke arah pengeluaran diskresioner. Forbes Asia memberikan penghargaan kepada usaha kecil dan menengah yang menunjukkan pertumbuhan, profitabilitas, dan keberlanjutan yang kuat, serta menunjukkan bagaimana mereka beradaptasi dengan tren yang terus berubah seperti memperluas kehadiran bisnis secara daring. Secara keseluruhan, hal ini menekankan ketahanan dan kemampuan beradaptasi bisnis-bisnis ini, yang siap untuk memanfaatkan peluang baru di tengah lanskap bisnis yang berubah dengan cepat.

Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, mengatakan penghargaan ini menandakan kinerja Perseroan yang kuat, berkelanjutan dan diakui secara global. “Predikat ini menjadi bukti atas kerja keras dan kontribusi terbaik yang dapat Prodia berikan kepada masyarakat sekaligus bukti upaya dalam mempertahankan kinerja positif Perseroan pasca pandemi COVID-19. Di usia yang telah menginjak 50 tahun, Perseroan berupaya dengan transformasi digital seperti meluncurkan aplikasi U by Prodia melalui anak Perusahaan, PT Prodia Digital Indonesia, untuk memudahkan akses layanan yang praktis dan personal bagi pelanggan. Prodia berharap transformasi ini dapat menjadikan Prodia sebagai pelopor ekosistem kesehatan terdepan di Indonesia”, ujar Dewi.

“Perolehan penghargaan ini tentunya juga menjadi tanggung jawab bagi Perseroan untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat di tahun-tahun mendatang. Prodia optimis kedepannya dapat mempertahankan kinerja dan citra perusahaan melalui aspek-aspek pelayanan yang mengutamakan pelanggan dan berfokus menjadi "The Next Generation Healthcare Provider”, tambah Marina Amalia, Corporate Secretary Prodia, yang turut hadir dalam acara penerimaan penghargaan tersebut.

Prodia terus bertransformasi untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Prodia memiliki call centre yang beroperasi 24/7 dalam melayani permintaan informasi, pembelian pemeriksaan dan penanganan keluhan pelanggan. Dengan mengusung konsep layanan omnichannel, selain melalui call centre 1500 830, Kontak Prodia juga dapat dihubungi melalui WhatsApp 0855 1500 830, Telegram @Prodia.id, X @Prodia_Lab, Instagram @Prodia_lab, email info@prodia.co.id dan website www.prodia.co.id, demi memenuhi kenyamanan dan preferensi pelanggan. Prodia yakin dengan pengelolaan standar mutu pelayanan pelanggan terbaik, dapat menghadirkan customer experiences serta customer journey yang terpercaya, yang dapat diakses oleh pelanggan kapanpun dan dimanapun. Kesemua kanal ini tentunya diharapkan akan menambah peluang Prodia dalam mencapai kinerja terbaiknya.

******

Tentang PT Prodia Widyahusada Tbk.

Laboratorium klinik Prodia didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Sejak awal, Dr. Andi Widjaja, MBA beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.

Sebagai pemimpin pasar, sejak 2012 Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of American Pathologists (CAP). Sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.

Pada 7 Desember 2016, Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana Prodia sebagai emiten ke-15 di tahun 2016, dengan kode saham “PRDA”. Dalam aksi korporasi itu, Prodia telah menawarkan saham perdana sebanyak 187,5 juta lembar saham. Dengan demikian, dana yang diraih dari penawaran umum perdana saham (IPO) perseroan mencapai sebesar Rp1,22 triliun.

Hingga 30 September 2023, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 290 outlet, di 78 Kota, 86 Kabupaten, dan 34 Propinsi dan di seluruh Indonesia, beberapa diantaranya merupakan Prodia Health Care (PHC) yakni layanan wellness clinic yang berbasis personalized medicine serta specialty clinics yang terdiri dari Prodia Children’s Health Centre (PCHC), Prodia Women’s Health Centre (PWHC) dan Prodia Senior Health Centre (PSHC).

Prodia telah meluncurkan Kontak Prodia diantaranya call centre 1500 830 dan personal assistant virtual berbasis online Tanya Prodia (TANIA) yang dapat diakses melalui WhatsApp 0855 1500 830, Telegram: @prodia.id, Facebook Messenger: @prodia.id dan Web Widget Prodia: www.prodia.co.id. Layanan Prodia juga dapat dijangkau melalui Aplikasi U by Prodia yang dapat diunduh melalui App Store & PlayStore.

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi www.prodia.co.id atau menghubungi:

Marina Eka Amalia
Corporate Secretary
PT Prodia Widyahusada Tbk.
Ph. +62-21-3144182      
Email corporate.secretary@prodia.co.id