Kolesterol

Mindful Eating untuk Menjaga Kadar Kolesterol

29 April 2024

Temukan manfaat dari mindful eating serta langkah-langkah praktis untuk menerapkannya dalam menjaga kadar kolesterol.

Ditulis oleh: Jeliana Seilatuw 
Ditinjau oleh: dr. Tjhin Willy, MKK

Mindful eating merupakan pendekatan untuk mengonsumsi makanan dengan kesadaran penuh terhadap apa yang dimakan dan pengalaman selama proses mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. 

Ini bukan hanya tentang mengubah pandangan terhadap makanan, tetapi juga tentang pengaruhnya terhadap kesehatan secara menyeluruh. Bagi kamu yang ingin mengendalikan kadar kolesterol, mindful eating juga dapat menjadi strategi yang efektif. 

Cara ini dapat melatih kamu untuk makan makanan bernutrisi, memilah makanan yang tidak sehat, dan pada akhirnya kamu dapat menjalankan pola makan sehat yang lebih optimal. 

Manfaatnya Terhadap Kadar Kolesterol 

Sebuah jurnal dalam Nutrition Research Reviews menyebutkan bahwa perilaku makan intuitif dan mindful eating memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.  

Dengan menerapkan mindful eating, seseorang dapat mengubah pola pikir tentang makanan, membantu menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). 

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. 

Cara Praktik Mindful Eating untuk Menjaga Kadar Kolesterol 

Bagaimana cara menerapkan mindful eating? Harvard Health Publishing menyarankan beberapa langkah praktis. 

Belanja dengan cerdas  

Rencanakan menu sehat dan hindari makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Berbelanjalah sesuai dengan menu, serta banyaknya porsi yang akan dimasak. Hindari membeli bahan makanan yang tidak perlu, agar nantinya tidak mubazir. 

Makan secara teratur  

Jangan menunggu hingga lapar, tetaplah makan pada waktu yang sama setiap hari secara konsisten. 

Bersyukur 

Berdoa sebelum makan sebagai ungkapan terima kasih atas asupan nutrisi yang diterima serta makanan yang akan kamu konsumsi hari ini. 

Gunakan piring kecil  

Untuk mengendalikan porsi dan mencegah makan berlebihan, atau bahkan menyisakan makanan, sebaiknya gunakan piring kecil. 

Jangan terburu-buru 

Luangkan waktu minimal 5 menit perama untuk menikmati makanan sebelum makan dengan perlahan sampai makananmu habis. 

Cicipi setiap makanan secara terpisah 

Mulai dengan suapan kecil dan nikmati setiap hidangan secara perlahan. Cicipi setiap makanan secara terpisah. Satu-satu, mulai dari nasi, sayur, dan lauk-pauknya. 

Kunyah perlahan 

Merasakan setiap rasa dan tekstur makanan dengan teliti. Dengan begini kamu bisa merasakan sensasi rasa dari setiap masakan yang kamu santap. 

Nikmati setiap aspek makanan 

Rasakan dengan indra selain lidah, seperti melihat, mencium, dan merasakan tekstur makanan. Kamu bisa memperhatikan bentuk dan warnanya, serta aromanya. 

Setelah memahami dan menerapkan konsep mindful eating, penting untuk tetap memantau kadar kolesterol secara rutin untuk memastikan efektivitas strategi mindful eating dalam menjaga kadar kolesterol tubuh. 

#EatSmartforU #UbyProdia
Bersama U by Prodia, Diet Lebih Sehat, Tepat, dan Hemat.

Sumber
  1. Diabetes spectrum: a Publication of the American Diabetes Association (2017). Mindful Eating: The Art of Presence While You Eat.  
  2. Nutrition Research Reviews (2017). A Structured Literature Review on The Role of Mindfulness, Mindful Eating and Intuitive Eating in Changing Eating Behaviours: Effectiveness and Associated Potential Mechanisms.  
  3. Centers for Disease Control and Prevention (2022). Get a Cholesterol Test. 
  4. Harvard Health Publishing (2016). 8 Steps to Mindful Eating. 
  5. Harvard T.H. Chan School of Public Health. Mindful Eating. 
  6. Cleveland Clinic (2022). High Cholesterol Diseases. 
  7. Cleveland Clinic (2022). What Is Mindful Eating?