INFORMASI LABORATORIUM

Informasi Laboratorium No. 4/2012

HIGH SENSITIVITY C-REACTIVE PROTEIN (hs-CRP): PEMANFAATAN REYNOLDS RISK SCORE DALAM PREDIKSI RISIKO PENYAKIT KARDIOVASKULAR

Penyakit Kardiovaskular (PKV) adalah penyebab utama mortalitas di seluruh dunia. Berbagai upaya yang difokuskan pada primary prevention secara signifikan dapat menurunkan insiden kejadian PKV. Selain itu, diketahui bahwa 15-20% kejadian PKV terutama terjadi pada pasien tanpa faktor risiko PKV (umur, laki- laki, merokok, diabetes, dislipidemia, hipertensi, riwayat keluarga menderita penyakit jantung koroner sebelum usia 60 tahun, obesitas).

 

REKOMENDASI STANDAR REFERENSI TERBARU UNTUK PENGGUNAAN BONE TURNOVER MARKERS DALAM MANAJEMEN OSTEOPOROSIS

Osteoporosis merupakan masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Osteoporosis ditandai dengan rendahnya massa tulang dan kerusakan mikroarsitektur jaringan tulang yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan akibatnya risiko fraktur meningkat. Meskipun bone mineraldensity (BMD) digunakan untuk menegakkan diagnosis osteoporosis, akan tetapi nilai BMD yang rendah bukan satu-satunya faktor risiko patah tulang, peran sebenarnya merupakan sarana yang efisien untuk mengidentifikasi orang yang berisiko tinggi mengalami patah tulang.

Oxidized LDL (Ox-LDL)

Lipoprotein adalah transporter utama kolesterol dan asam lemak dalam tubuh. Lipoprotein dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan komposisi dan ukurannya, salah satunya adalah Low Density Lipoprotein (LDL). LDL berperan dalam mengantarkan kolesterol ke seluruh tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup sel serta menyediakan kolesterol untuk sintesis hormone steroid. Pasien yang mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah seringkali memliki kadar LDL-C normal, tetapi kualitas LDL yang telah berubah. Perubahan ini disebabkan partikel LDL mengalami oksidasi dan glikasi.

Details >>
Page 1
Page sub

3767 Dilihat

INFORMASI LABORATORIUM