Kamis, 28 September 2017

Wellness Testing Penyakit Kardiovaskular

Selama ini, general medical check up merupakan tindakan pencegahan penyakit yang umumnya dikenal dan dilakukan oleh masyarakat, terutama pada orang-orang yang sehat atau tidak merasakan gejala gangguan kesehatan. Pada orang yang sudah memiliki risiko tinggi atau diduga sudah mengalami perkembangan penyakit tertentu, general medical check up saja tidak cukup. Pemeriksaan lebih lanjut dibutuhkan sesuai risiko yang mungkin akan dialami, yaitu wellness testing.

Wellnes testing merupakan bagian dari preventive strategy (tindakan pencegahan penyakit), terdiri dari sekelompok pemeriksaan yang bermanfaat dalam mengidentifikasi risiko perkembangan penyakit pada tahap dini sebelum gejala muncul.

Penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) merupakan penyakit degeneratif (penyakit yang mengiringi proses penuaan) yang menempati urutan teratas sebagai penyebab kematian dunia. Wellness testing penyakit kardiovaskular bermanfaat untuk mengidentifikasi risiko pada tahap awal dan mengetahui kmungkinan terjadinya komplikasi (perkembangan penyakit ke arah jantung dan pembuluh darah) pada orang berisiko tinggi.

Saat ini, Laboratorium Klinik Prodia menyediakan Panel Wellness Testing Penyakit Kardiovaskular yang dianjurkan bagi pasien dislipidemia (gangguan lemak darah), diabetes, hipertensi, atau mereka yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular dalam keluarga. Wellness testing Penyakit Kardiovaskular sebaiknya dilakukan segera setelah mendapatkan hasil check up yang tidak normal pada profil lemak atau gula darah, serta diulang satu tahun sekali atau sesuai anjuran dokter.

Panel Wellness Testing Penyakit Kardiovaskular

Pemeriksaan: high sensitivity C-Reactive Protein (hs-CRP)

Manfaat: Aterosklerosis (proses pengerasan pembuluh darah) adalah cikal bakal terjadinya penyakit kardiovaskular. Selain penumpukan lemak di pembuluh darah, peradangan juga terlihat dalam proses aterosklerosis. Selain berperan sebagai penanda peradangan, hs-CRP juga merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Pemeriksaan: N-Terminal pro Brain Natri-uretic Peptide (NT-proBNP)

Manfaat: Kardiomiopati diabetik yang seringkali terjadi pada penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan struktur maupun fungsi jantung, hingga berakibat pada terjadinya gagal jantung. Pemeriksaan NT-proBNP bermanfaat untuk deteksi gagal jantung pada tahap awal.

Pemeriksaan: Status Antioksidan Total (SAT)

Manfaat: Antioksidan adalah zat alami yang terdapat sebagai vitamin, mineral, dan zat lain dalam makanan. Antioksidan diketahui dapat mencegah penyakit dengan melawan zat berbahaya yang disebut radikal bebas. Tanpa adanya antioksidan, radikal bebas akan merusak sel tubuh yang dapat memicu terjadinya perkembangan penyakit kardiovaskular. Pemeriksaan SAT bermanfaat untuk memperkirakan status antioksidan dalam tubuh.

Fasilitas kesehatan seperti dokter, rumah sakit, obat, dan sebagainya dapat membantu kita saat sakit, namun hanya kita yang dapat memutuskan untuk menjadi sehat seutuhnya (wellness). Menyadari dan berperan aktif dalam preventive strategy adalah cara terbaik untuk mencapai sehat seutuhnya.

8626 Dilihat