Friday, 18 December 2020

9 Cara Mengatasi Stres Secara Efektif

Setiap orang pastinya pernah mengalami stres. Jika stres yang dialami tidak kunjung hilang atau sering terjadi, masalah ini bisa mengacaukan kehidupan kamu. Oleh karena itu, stres perlu dikendalikan atau dikelola dengan cara-cara mengatasi stres yang tepat.

Saat dilanda stres, kamu mungkin akan mudah marah, sulit fokus, kehilangan kesenangan, libido menurun, sakit kepala, berjerawat, nafsu makan berubah, insomnia, atau kecanduan alkohol.

 

Cara mengatasi stres

Sejumlah cara mengatasi stres ini umumnya terkait dengan menjalani kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, menjaga kesehatan, hingga menenangkan diri. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda ikuti.

Mendengarkan musik

Jika kamu merasa terbebani oleh situasi yang membuat stres, cobalah beristirahat dan mendengarkan musik yang tenang, seperti musik klasik, suara laut, atau suara alam.

Musik jenis ini memiliki efek positif pada otak dan tubuh dengan mengurangi hormon kortisol (hormon yang terkait dengan stres) sekaligus  menurunkan tekanan darah.

Mengobrol dengan teman

Ketika sedang dilanda stres, kamu bisa mengobrol dengan teman dan mengutarakan isi hati kamu. Metode ini dapat membantu kamu merasa mendapat dukungan dan menghadapi stres dengan lebih tenang.

Menonton film komedi

Ketika menonton film komedi, kamu bisa tertawa dan merasa lebih bahagia. Tertawa melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati dan menurunkan hormon kortisol serta adrenalin yang memicu stres. Kegiatan ini bisa membantu menghilangkan stres yang kamu alami.

Minum teh hijau

Tidak seperti teh lainnya, teh hijau mengandung lebih sedikit kafein. Teh ini juga mengandung antioksidan sehat dan asam amino theanine yang memiliki efek menenangkan pada sistem saraf.

Berolahraga

Berjalan-jalan di sekitar rumah, berlari di lapangan, atau sekadar berdiri untuk meregangkan tubuh bisa membuat kamu merasa lebih plong saat berada dalam situasi stres.

Olahraga dapat membantu tubuh melepaskan hormon endorfin dan meningkatkan suasana hati secara instan.

Tidur dengan cukup

Stres bisa menyebabkan kamu sulit tidur, sedangkan kurang tidur juga dapat menjadi penyebab utama stres. Seiring waktu, hal ini bisa bertambah buruk, bahkan merusak otak dan tubuh.

Pastikan kamu tidur dengan cukup, yakni 7-8 jam setiap malam. Matikan TV lebih awal, jauhkan gawai, dan redupkan lampu untuk menciptakan suasana yang nyaman untuk tidur. Cara ini merupakan salah satu penghilang stres yang paling efektif.

Teknik pernapasan dalam

Tarik napas dalam-dalam mungkin merupakan nasihat yang terdengar klise. Namun, hal tersebut ternyata bermanfaat sebagai cara mengatasi stres. Pernapasan dalam dapat memberi oksigen pada darah dan menjernihkan pikiran.

Duduklah di kursi dengan kaki menapak pada lantai dan letakkan tangan di atas lutut. Kemudian, tarik napas dalam-dalam, serta fokuskan pikiran saat udara memenuhi dada.

Selanjutnya, keluarkan napas secara perlahan-lahan. Kamu bisa melakukan teknik ini selama 3-5 menit.

Meditasi

Yoga atau tai chi merupakan bentuk meditasi yang dapat dijadikan cara mengatasi stres dalam jangka pendek maupun panjang.

Metode ini bisa membantu kamu menenangkan pikiran, meningkatkan fokus, dan merasa hidup berjalan lebih baik. Jika tertarik melakukannya, kamu bisa mengikuti kelas yoga atau tai chi bersama instruktur terlatih.

Menjalani hobi

Salah satu cara mengatasi stres yang paling menyenangkan adalah dengan menjalani hobi.

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang selama ini digemari, misalnya melukis, memasak, berkebun, menjahit, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan, dan sebagainya.

Jika stres yang kamu rasakan tak juga membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi pada psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

Referensi:

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/stress-symptoms#complications

Diakses pada 19 Oktober 2020

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/10-ways-to-relieve-stress#breathe-better

Diakses pada 19 Oktober 2020

 

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/tips-to-reduce-stress-3145195

Diakses pada 19 Oktober 2020

1683 views