ARTIKEL KESEHATAN

Jumat, 07 September 2018

Penyebab Penuaan Dini

artikel arlt

Proses penuaan dimulai sejak usia 25 tahun dan menjadi lebih jelas pada usia 35 tahun dengan terlihatnya kulit mulai keriput dan bercak-bercak kecoklatan, otot muka menggantung, rambut memutih, tubuh menjadi lebih gemuk, gerakan mulai lamban, penglihatan menjadi kabur, pelupa dan gangguan lainnya.

Menurut Leonard Hayflick, profesor anatomi dari University of California, Amerika Serikat, penuaan dini tersebut terjadi bila percepatan kemampuan replikasi sel membuat penggantinya menurun bila sel itu mengalami kerusakan. Dalam kondisi tersebut, kecepatan sel memperbarui diri sudah lebih rendah dibandingkan dengan proses kerusakannya. Penuaan dini itu dipengaruhi oleh faktor internal, yaitu: inflamasi (peradangan), radikal bebas, ketidakseimbangan hormon (yang dapat mengakibatkan buruknya perbaikan sel), glikosilasi (peningkatan kadar glukosa) dan metilasi (yang berdampak pada kerusakan gen). Proses penuaan dini juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, yaitu gaya hidup dan kondisi lingkungan yang buruk.

Disebutkan, radikal bebas (free radicals) sebagai faktor penyebab utama dari penuaan dini. Teori radikal bebas (free radicals theory) itu pertama kali diajukan oleh Dr. Denham Harman dari University of Nebaraska, Amerika Serikat dan dianggap sebagai teori yang paling relevan dengan teori penyebab penuaan. Bila inti sel sudah rusak karena serangan radikal bebas, maka sel jaringan tersebut kehilangan kemampuan untuk berfungsi dengan baik dan perubahan kromosom, sehingga dapat terjadi perkembangan sel yang menyimpang dan menjadi kanker.

345 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016   Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine