Gaya Hidup Sehat

Minggu, 07 April 2019

Ketahui Risiko Diabetes dan Penyakit Terkait Diabetes dengan DIArisk

Diabetes atau yang awam kenal sebagai penyakit gula atau kencing manis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan di dunia. Salah satu penyebabnya adalah kontrol gula yang buruk. Menurut hasil penelitian dari International Diabetes Federation (IDF) tahun 2015, ada 415 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, dan sekitar 10 jutanya terdapat di Indonesia. Jumlah penderita diabetes di Indonesia ini diperkirakan akan terus meningkat hingga tahun 2040.

 

Melihat data ini, tidak heran jika diabetes menjadi penyakit yang ditakuti masyarakat. Diabetes pun seringkali menjadi panyakit yang tidak “permisi”, artinya muncul secara tiba-tiba tanpa disadari penderitanya. Apalagi, jika dibiarkan diabetes dapat menimbulkan komplikasi yang secara perlahan menyerang organ penting di tubuh seperti mata yang dapat menyebabkan kebutaan, otak yang dapat menyebabkan stroke, hingga gagal jantung dan ginjal. Banyak penderita diabetes yang baru menyadari penyakitnya setelah terjadi komplikasi.

 

Mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes pasti akan lebih merasa khawatir dibandingkan mereka yang tanpa riwayat. Namun, dengan semakin banyaknya informasi seputar penyebab diabetes dan pengobatannya membuat masyarakat saat ini mulai memiliki kesadaran untuk menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes. 

 

Beberapa tindakan pencegahan yang kerap dilakukan masyarakat dimulai dengan menjaga pola makan, misal dengan mengurangi makanan dengan gula berlebih, membatasi minum-minuman beralkohol, banyak mengonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan. Selain itu, masyarakat pun mulai diingatkan untuk menghindari kebiasaan merokok dan memperbanyak olahraga. Informasi terkait rutinnya melakukan pemeriksaan kesehatan menjadi salah satu saran dalam upaya mencegah diabetes.

 

Semakin berkembangnya teknologi kesehatan, pemeriksaan yang tersedia pun sudah semakin mutakhir. Salah satunya dengan adanya pemeriksaan berbasis genetik. Di mana kita bisa mengetahui risiko penyakit yang diturunkan melalui gen. Selain itu, dengan pemeriksaan ini kita juga bisa mengetahui risiko penyakit yang mungkin kita alami sebagai dampak dari pola hidup yang tidak sehat. Tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes belum tentu kita terbebas dari diabetes. 

 

Sebagai next generation healthcare provider, Prodia menyediakan pemeriksaan genomik pertama di Indonesia yang melihat risiko diabetes dan penyakit terkait diabetes, yang diberinama DIArisk. DIArisk merupakan pemeriksaan berbasis gen yang menganalisis kurang lebih 100 gen dan varian untuk mengetahui faktor risiko diabetes dan penyakit terkait diabetes. Jenis diabetes yang dapat diketahui risikonya dengan pemeriksaan DIArisk adalah risiko diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan gestational diabetes (diabetes saat kehamilan). Sedangkan komplikasinya adalah neuropati diabetes dan nefropati diabetes. Selain diabetes dan komplikasinya DIArisk juga dapat mengetahui faktor risiko obesitas, kelainan metabolisme lipid, dan penyakit ginjal kronis.

 

Perlu diperhatikan bahwa pemeriksaan ini bukan bertujuan untuk mendiagnosis seseorang menderita diabetes. Dengan mengetahui risiko terhadap penyakit berdasarkan genetik ini, maka akan membantu seseorang dalam menentukan strategi pencegahan dan pengobatan secara personal agar dapat terhindar dari diabetes.

 

Berdasarkan hasil pemeriksaan DIArisk yang diperoleh, risiko penyakit akan dikelompokkan menjadi risiko tinggi (high risk), risiko potensial (potential risk), risiko rata-rata (average risk) dan risiko rendah (low risk) yang merupakan cerminan dari kerentanan seseorang. Pemeriksaan DIArisk disarankan bagi mereka yang berusia 18 tahun sampai dengan 30 tahun, karena pada umur tersebut adalah umur optimal untuk melihat risiko penyakit dan dapat lebih berfokus kepada intervensi strategi pencegahan diabetes sedini mungkin.

 

DIArisk disediakan Prodia untuk membantu menurunkan angka kejadian diabetes di Indonesia. Selain itu, DIArisk dapat menjadi pilihan masyarakat dalam melakukan tindakan preventif terhadap risiko penyakit diabetes dan komplikasinya. Masyarakat juga dapat menekan biaya pengobatan, di mana DIArisk hanya diperiksa satu kali seumur hidup. DIArisk berguna untuk menilai risiko penyakit berdasarkan profil genetik dengan kata lain DIArisk adalah pemeriksaan preventif yang berfungsi sebagai warning untuk seseorang agar lebih berhati-hati tanpa menunggu sakit terlebih dahulu.

 

Jangan tunggu diabetes datang. Cegah dan lakukan pemeriksaannya sekarang.

1162 Dilihat