BERITA &KEGIATAN

Selasa, 15 Agustus 2017

Prodia Healthy Fun Festival Semarang

content/berita5741fcae774744b4afd0d8d53fd18056ID.png

Kesadaran hidup sehat tak hanya tumbuh di kalangan tua, generasi muda pun sekarang semakin banyak yang sadar akan pentingnya menjaga pola hidup sehat. Maklum, penyakit degeneratif semakin maju menyergap usia muda. Dulu, penderita penyakit jantung, kolesterol, diabetes sangat identik dengan para orang tua, tetapi sekarang anak muda pun sudah banyak yang terkena penyakit tersebut.


Data Organisasi PBB yang mengurusi Kesehatan, WHO tahun 2013 menunjukkan tingginya angka kematian pada anak muda. Tercatat lebih dari 2,6 juta anak muda usia 10-24 tahun meninggal dunia setiap tahunnya. Hampir dua pertiga kematian usia ini berkaitan dengan kondisi atau gaya hidup tidak sehat anak muda, seperti kebiasaan merokok, kurang olahraga, sering mengonsumsi junk food dan lainnya.

Mengetahui penyakit yang menjangkiti diri sejak dini memang menakutkan, apalagi jika itu adalah sakit yang serius. Namun, akan lebih menakutkan lagi jika kita tidak tahu sama sekali apa yang terjadi di dalam tubuh kita. Itulah yang menjadi alasan mengapa check-up sangat penting dilakukan. Selain dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh, melalui check-up kita juga dapat mengetahui penyakit dengan gejala yang tidak tampak, seperti hipertensi, diabetes melitus, kelainan lemak, penyakit darah (anemia, thalassemia), penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit paru dan lain sebagainya.

Salah satu peserta #LetsCheckUp sedang melakukan pengambilan darah

Laboratorium Klinik Prodia berupaya meningkatkan awareness para anak muda di Semarang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini melalui kampanye "#LetsCheckUp" . #LetsCheckUp adalah sebuah gerakan yang memberikan tantangan bagi anak muda di 5 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta untuk melakukan pemeriksaan sindrom metabolik, membantu diagnosis sindrom metabolik, dan mendeteksi dini risiko komplikasi di masa mendatang seperti penyakit jantung coroner (PJK), stroke, diabetes mellitus, perlemakan hati, dan gangguan ginjal.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan kegiatan check-up gratis selama bulan Juli di beberapa kantor di daerah Semarang diantaranya Telkomsel, Suzuki, Allianz dan BRI. Pemeriksaan yang dilakukan terdiri atas gula darah, kolesterol HDL, trigliserid, indeks massa tubuh, lingkar perut, dan tekanan darah.

Program #LetsCheckUp ini terbuka untuk siapa saja, pria dan wanita berusia 20 - 35 tahun. Kegiatan ini sekaligus untuk menantang anak muda Semarang seberapa sehat mereka sekaligus mengkampanyekan medical check-up dini agar anak muda Semarang bisa mendeteksi lebih dini penyakit-penyakit yang menjangkit tubuh mereka.

Acara diawali dengan Yellow Fun Zumba

Dengan mengikuti gerakan #LetsCheckUp, peserta yang telah berpartisipasi dengan mendaftar untuk diperiksa kesehatannya sudah memberikan donasi senilai Rp. 5.000,-. Kalau ternyata hasil pemeriksaan sindrom metaboliknya normal, donasi yang diberikan bertambah menjadi Rp. 50.000,- dan semua donasi tersebut ditanggung oleh Prodia.

Peserta Yellow Fun Zumba mengikuti gerakan dengan antusias

Rangkaian acara Prodia Healthy Fun Festival Semarang ini diawali di pagi hari dengan kegiatan Yellow Fun Zumba. Masyarakat Semarang bisa berpartisipasi dalam acara zumba tersebut dengan membayar sebesar Rp. 35.000,- dan sudah mendapatkan kaos, snack, dan doorprize dengan hadiah yang menarik. Selain itu, para peserta juga bisa berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik dari kategori The Most Stylish Zumba Lover dan The Most Energetic Group. Kegiatan Prodia Healthy Fun Festival ini dilaksanakan pada Minggu, 13 Agustus 2017 di area Car Free Day Pahlawan Semarang mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB. Selain itu di acara tersebut juga tersedia Healthy Food Bazaar bagi para pecinta kuliner dan keseruan games lainnya. Sebagai puncak acara dari kegiatan Prodia Healthy Fun Festival #LetsCheckUp ini adalah hiburan musik dengan bintang tamu Via Vallen.

Guest Star Via Vallen siap menghibur peserta Prodia Healthy Fun Festival

Prodia melibatkan para anak muda karena kesadaran akan pentingnya kesehatan di kalangan anak muda, khususnya di Semarang masih sangat kurang. Hal itu pula yang membuat anak muda jarang sekali mau melakukan check-up kesehatan. Padahal check-up kesehatan perlu dilakukan sedini mungkin untuk memantau kondisi kesehatan tubuh sebelum terjadinya penyakit atau apabila sudah terjadi penyakit jangan sampai terjadi komplikasi.

Penampilan Via Vallen

Menurut Reskia Dwi Lestari, selaku Marketing Communication Manager PT. Prodia Widyahusada, Tbk hambatan utama untuk melakukan gaya hidup sehat adalah motivasi pribadi rendah, kurangnya waktu karena kesibukan dalam pekerjaan dan bersosialisasi, masalah biaya, serta yang terpenting adalah faktor dukungan orang terdekat atau keluarga. Edukasi mengenai kesadaran akan gaya hidup sehat dan pemeriksaan kesehatan senantiasa digalakkan oleh Prodia secara terus menerus dalam rangka mengurangi angka usia produktif yang sakit dan menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas agar tidak kalah bersaing dengan bangsa lainnya.

658 Dilihat
publik
dokter
perusahaan
Top Brands 2016 Frost & Sullivan Best Brand Gold

PT Prodia Utama

innodia Prodia th CRO Prodia accupational health institue ProSTEM ProLine